MASUKI NEW NORMAL, APA SAJA PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR?
Mayor Inf Eko W Mohlis, S.Pd

By Administrator 01 Jul 2020, 16:21:37 WIB Subdisbinmapta
MASUKI NEW NORMAL, APA SAJA PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR?

Gambar : PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR MASUKI NEW NORMAL


Virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak cukup besar di Indonesia, yang paling nyata virus ini mengubah cara manusia menjalani rutinitas atau New Normal.Sejak virus ini menjangkit di Indonesia, seluruh kegiatan di tempat umum ditiadakan.Seluruh aktivitas dibatasi dengan memberlakukan Physical Distancing seperti sekolahdan bekerja dari rumah. Pusat perbelanjaan dan hiburan juga tutup hingga operasionaltransportasi dibatasi, imbasnya perekonomian Indonesia terpukul, bahkan sejumlahbisnis terpaksa gulung tikar. Meskipun aktivitas dibatasi, nyatanya COVID-19 belum jugahilang dari Indonesia. Masyarakat tentu masih cemas untuk melakukan kegiatan secaranormal di saat pandemi COVID-19 belum hilang. Namun, apabila seluruh kegiatan masih dibatasi bukan tidak mungkin, perekonomian nasional akan semakin babak belur. Untuk itu, masyarakat mulai mengubah perilaku sehari-hari. Misalnya keluar rumah menggunakan masker, tak lupa juga sedia sarung tangan untuk naik kendaraan. Pulangnya, langsung cuci tangan dan ganti baju hingga mandi sebelum rebahan atau duduk santai di rumah.

Bentuk perubahan atau transformasi baru inilah yang kemudian disebut New Normal, singkatnya perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal tapi ditambah dengan penerapan protokol kesehatan. Bagaimana protokol kesehatan untuk para Prajurit Dinas Jasmani Angkatan Darat? Brigjen TNI Khairul Anwar M, S.H., M.Tr (Han) sudah memberlakukan Peraturan ini di Dinas jasmani Angkatan Darat. Setiap Prajurit selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat saat di rumah, dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja serta selama di kantor. Saat di rumah, tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit/hari, tidur minimal tujuh jam, dan berjemur di pagi hari.

Saat perjalanan ke atau dari tempat kerja, Prajurit wajib melakukan hal berikut:

1. Pastikan kondisi tubuh sehat, jika ada keluhan batuk, pilek, atau demam tetap tinggal di rumah dan bisa juga isolasi mandiri di Klinik Kesehatan Dinas Jasmani Angkatan Darat.

2 Gunakan masker.

3. Upayakan tidak menggunakan transportasi umum, jika terpaksa menggunakannya pastikan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, tidak menyentuh fasilitas umum, gunakan helm sendiri, gunakan pembayaran nontunai, dan tidak menyentuh wajah.

Selama di tempat kerja, para Prajurit harus:

1. Saat tiba di kantor, cek suhu oleh Personel Kesehatan, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

2. Gunakan siku untuk membuka pintu.

3. Tidak berkerumum dan menjaga jarak.

4. Bersihkan meja atau area kerja dengan disinfektan.

5. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan Hand Sanitizer.

6. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja.

7. Biasakan tidak berjabat tangan dan tetap memakai masker.

8. Tetap berolahraga.

9. Bekerja semangat dengan penuh terobosan.

Ketika tiba di rumah, berikut langkah yang harus dilakukan para Prajurit:

1. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri, yaitu mandi dan mengganti pakaian kerja.

2. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Masker sekali pakai, sebelum dibuang, sebaiknya robek dan basahi dengan disinfektan agar tidak mencemari petugas pengelola sampah.

3. Bersihkan telpon selular atau ponsel, kacamata, tas dengan disinfektan.

 

Saat menghadapi pandemi ini, kita berdoa demi keselamatan kesehatan. Pasca Pandemi meneruskan doa untuk tetap sehat, para Prajurit Dinas Jasmani Angkatan Darat dan keluarganya semua berdoa agar kehidupan baik-baik saja. Dengan semboyan Ksatria Trengginas dan Handal semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan semua Prajurit Dinas Jasmani Angkatan Darat diberi kemudahan dalam membuat terobosan.

Aamiin

Penulis:
Mayor Inf Eko W Mohlis, S.Pd (Kasirik Postur Bagpostur Tubuh Subdisbinmaptajas Disjas TNI AD)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment